Policy

Kebijakan Plagiarisme 

Setiap Naskah yang dipublikasi di Munggai: Jurnal Ilmu Perikanan dan Masyarakat Pesisir, harus bebas Plagiat. Tindakan plagiat tidak dapat diterima karena merupakan perbuatan yang tidak terpuji, sehingga tanpa seleksi naskah langsung ditolak oleh tim editor. 

Pengertian :

Plagiat kata lain dari penciplakan adalah tindakan yang dilakukan oleh sesorang dengan sengaja ataupun tidak sengaja mengambil karya orang lain dan mengakui seolah-olah karya tersebut miliknya. Dalam kaitan naskah ilmiah, penulis naskah mengutip sebagian atau seluruh karya ilmiah milik orang lain denga tidak menyebutkan sumber kutipannya. Meskipun menyebut sumber yang dikutip namun  tidak dalam batas kewajaran kutipan sebagaimana disyaratkan dalam karya tulis ilmiah.  Itulah sebabnya, ketentuan pada publikasi di jurnal Munggai telah disepakati bersama tim editor, sesuai standar karya ilmiah harus asli.

Jurnal Munggai akan menerima naskah asli dan belum pernah dipublikasikan. Telah ditegaskan di protal Munggai pada kolam About the Journal, bahwa Publikasi pada jurnal ini didasarkan pada data dan fakta hasil penelitian. Apabila terdapat kutipan dari karya orang lain, maka sumber kutipannya perlu disebutkan dengan jelas. Ketentuan akan perihal pengutipan selengkapnya dapat dibaca pada pedoman penulisan yang disediakan oleh tim editor pada bagian template.  Apabila terdapat tindakan plagiarisme pada naskah yang dikirim ke tim editor, maka ketua editor bertanggung jawab untuk meninjau kembali artikel dan akan menyetujui tindakan berdasarkan tingkat plagiarisme yang terdeteksi, merujuk ketentuan sebagai berikut: 

Tingkat Plagiarisme

1. Menjiplak beberapa kalimat pendek dari artikel lain tanpa menyebutkan sumbernya. Tindakan: Penulis diberikan peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan kutipan dengan benar.

2. Menjiplak sebagian besar artikel lain tanpa kutipan yang tepat dan tidak menyebutkan sumbernya. Tindakan: Artikel yang dikirimkan ditolak untuk dipublikasikan jurnal Munggai. Setiap penulis naskah bertanggung jawab atas konten naskah yang dikirimkannya dengan menandatangani Surat Peryataan KEASLIAN NASKAH DAN PERNYATAAN PENYERAHAN HAK CIPTA NASKAH ARTIKEL ILMIAH. 

Apabila penulis terbukti menyerahkan naskah ke Munggai, akan tetapi juga mengirimkan naskah tulisannya ke jurnal lain maka akan diberikan sangsi, sesuai ketentuan tim editor, dengan ancaman bahwa tidak akan memuat atau menerima artikel yang dikirikan oleh penulis tersebut meskipun dengan judul yang berbeda dan rentang waktu yang berbeda. Apabila ditemukan adanya plagiarisme di luar ketentuan di atas, tim editor berhak memberikan sanksi sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh tim editor Munggai.