IMPLEMENTASI PROGRAM BOARDING SCHOOL SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA AL-HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES
DOI:
https://doi.org/10.62176/paradigma.v11i1.477Keywords:
Boarding School, Karakter, KurikulumAbstract
Sistem boarding school yang mengintegrasikan pendidikan akademik dan agama dirancang untuk membentuk siswa yang mandiri, disiplin, dan berakhlak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program boarding school atau sekolah berasrama sebagai sarana pembentukan karakter siswa di SMAS Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes serta untuk mengetahui karakter apa saja yang ditanamkan kepada peserta didik untuk mengetahui karakter apa saja yang ditanamkan kepada peserta didik SMAS Al Hikmah 2. Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan pengelola program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kurikulum nasional dengan pengajaran agama dalam lingkungan boarding yang terstruktur secara signifikan berkontribusi terhadap pengembangan karakter. Selain itu, praktik disiplin dan kegiatan komunal mendorong nilai-nilai utama seperti integritas, tanggung jawab, dan kerja sama di antara siswa. Pendekatan ini terbukti berhasil dalam membentuk siswa menjadi individu yang seimbang, siap bersaing ditingkat global sambil mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang kuat.

