MEMBANGUN CRITICAL THINKING DAN HISTORICAL AWARNESS MAHASISWA MELALUI SITUS PENINGGALAN SEJARAH PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI SEJARAH UNIVERSITAS BANDA NAIRA

Penulis

  • Rahma Temarwut Universitas Banda Naira

DOI:

https://doi.org/10.62176/paradigma.v10i1.370

Kata Kunci:

Berfikir Kritis, Kesadaran Sejarah, Situs Sejarah

Abstrak

Pembelajaran pada abad 21 sangatlah penuh dengan tantangan sama halnya dengan pembelajaran sejarah. Kurikulum menuntut mahasiswa untuk memiliki cara berfikir kritis serta dalam pembelajaran sejarah juga sebagai warga negara kita dituntut untuk memiliki kesadaran sejarah. Tujuan dalam Penelitian ini dilakukan untuk membangun critical thinking dan Historical Awareness mahasiswa program studi Pendidikan sejarah Universitas Banda Naira melalui situs sejarah di Banda Naira dan Kota Ambon Provinsi Maluku. Penelitian ini menggukan metode deskriftif kualitatif dan naturalistic inkuiri. Sampel penelitian ini diambil pada mahasiswa Pendidikan sejarah semester II yang terdiri dari 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Melalui situs sejarah seperti Benteng Belgica, Benteng Nassau, Benteng Amsterdam, Benteng Victoria, Museum Siwalima, Gereja Tua, Istana Mini di kecamatan Banda Naira kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku dapat membentuk Critical Thinking and Historical Awareness mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah Universitas Banda Naira. 2. Mahasiswa memiliki cara berfikir kritis saat dilapangan dengan aktif bertanya. 3. Kesadaran sejarah mahasiswa terbentuk dengan memahami konteks perjuangan orang tua mereka di masa lalu dengan melawan Belanda. 4. Mahasiswa mampu memahami secara kritis latar belakang keberadaan kolonialisme di Indonesia khususnya di Maluku Banda dan Ambon.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-21